Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunjungan Belajar Mahasiswa PGMI UNISKA MAB ke SD Alam MuhammadiyahLandasan Ulin

Pada hari selasa tanggal 24 Juli 2018, mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) melaksanakan kunjungan belajar ke SD Alam Muhammadiyah di Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari dengan mengajak mahasiswa prodi PGMI untuk terlibat dalam kegiatan ini. Terdapat 47 mahasiswa yang terdaftar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I FSI Bapak Parman Kamaruddin, Wakil Dekan III Bapak H.Abdul Hafiz, Kaprodi PGMI Bapak Barsihanor, dan para dosen PGMI seperti Bapak M.Iqbal Ansari, Ibu Jumiati, dan Ibu Desy Anindia.

Pada sambutannya, Bapak Parman Kamaruddin menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, karena teori yang mereka dapat di kursi perkuliahan akan dikorelasikan dengan fakta di lapangan. "dan jika terdapat hal yang berbeda, maka sebagai mahasiswa mereka akan mengindentifikasi problemnya", ujarnya.

Bapak Barsihanor ketika mengawali kegiatan ini mengapresisasi usaha HMPS PGMI yang sangat mempersiapkan sehingga terselenggara kegiatan ini. Kegiatan beberapa berubah jadwal dikarenakan menyesuaikan antara jadwal mahasiswa dengan kegiatan di SD Alam Muhammadiyah.

Ayo daftar di Fakultas Studi Islam Uniska
Pendidikan Guru MI (Gelar S.Pd)
Link pendaftaran pmb.uniska.ac.id

Selaku tuan rumah, Bapak Firman Hadi, Kepala Sekolah SD Alam Muhammadiyah, menyambut gembira kunjungan mahasiswa PGMI UNISKA MAB. Dalam sambutannya beliau menggambarkan kriteria guru ideal untuk sekolah dasar. "Seorang guru SD/MI itu harus bagus mengaji Al-Qur'annya, bisa menyanyi, dan yang paling penting adalah  harus pintar bercerita", kata beliau. Beliau melanjutkan "Bu Mus, Guru SD Muhammadiyah yang merupakan Guru para Laskar Pelangi, merupakan guru yang pandai sekali bercerita, sehingga para siswanya itu sangat berkesan terhadap pembelajaran yang beliau berikan".

Setelah penyampaian materi oleh Bapak Firman Hadi, dilanjutkan dengan observasi sekolah dan pembelajaran di kelas. Dan kegiatan ini ditutup dengan pemberian bibit tanaman kepada pihak SD Alam Muhammadiyah.